Cara Kerja E-Mail

Cara Kerja E-Mail

Bismillahirohmaniirrohim, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya elektronik mail atau email yang dikirim via internet, Nah postingan kali ini akan membahas tentang cara kerja e-mail sehingga tidak hanya sekedar anda berkirim pesan melalui e-mail tetapi anda juga tahu bagaimana email ini bisa sampai ke surat yang lainnya. Berikut artikel lebih lanjutnya.

Walaupun proses pengiriman email hanya terjadi dalam hitungan menit, tidak berarti proses pengiriman terjadi secara ajaib. E-mail pun memiliki urutan prosedur tertentu agar e-mail yang dikirimkan dapat sampai ke tujuan. Tahapan prosedurnya sebagai berikut:
  • Pengguna menulis e-mail, lalu menginstruksikanaplikasi e-mail untuk mengirimkannya ke alamat penerima. 
  • Aplikasi e-mail mengirimkan e-mail ke komputer yang berlaku seperti kantor pos dan melayani proses penermaan dan pengiriman e-mail. Komputer demikian disebut e-mail server. 
  • E-mail server mengidentifikasikan alamat tujuan dan mengirimkannya ke e-mail server yang lain yang lebih dekat ke alamat tujuan. Ada kalanya, sebuah emaildikirimkan melalui beberapa e-mail server, tergantung pada rute yang dilalui. 
  • Setelah sampai di alamat tujuan, e-mail akan disimpan di e-mail server hingga membuka kotak posnya. 
  • Saat penerima membuka kotak posnya, aplikasi e-mail penerima akan meminta e-mail baru yang terdapat di e-mail server dan mengunduhnya ke dalam komputer pengguna. 
  • Penerima dapat segera membaca e-mail baru yang telah di unduh. 
Untuk lebih mudahnya silahkan kita lihat gambar skema pengiriman e-mail dibawah ini.
Cara Kerja E-Mail
Dapat kita lihat juga diatas bahwa email server, dan memang kapasitas untuk server itu harus besar karena untuk menampung dan mengirim email dari ratusan bahkan ribuan orang. Admin hanya mengupas sedikit saja tentang cara kerja E-mail ini, agar lebih mudah dipahami. Lebih jauh lagi tentang web server kita akan membahasnya di kemudian hari insyallah. Semoga artikel ini bermamfaat untuk anda, dan setidaknya mengetahui bagaimana cara kerja e-mail ini, wasalam.

Cara Kerja E-Mail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar