Pengertian FTP Server

Pengertian FTP Server

FTP adalah File Transfer Protokol yang merupakan metode populer untuk mentransfer file di antara komputer-komputer. Komunikasi FTP mengikuti model client/server di mana klient memulai komunikasi dengan mengirim perintah dan server meresponsnya dengan pesan dan kode-kode status, termasuk melakukan pengiriman dan penerimaan file. FTP bekerja dengan TCP dan umumnya digunakan di Internet, meskipun dapat juga diimplementasikan dalam lingkungan LAN. Protokol FTP mengizinkan transaksi file dua arah, dimana file-file dapat dikirim ke atau dari sebuah server. transaksi-transaksi ini meliputi filesystem remote (dalam sisi server). saat sebuah file ditransfer di antara mesin lokal dan mesin remote, nama file tersebut tidak berubah, keculai jika user bersangkutan mengubahnya ke nama baru. Protokol FTP umumnya menetapkan daftar tipe file yang dapat ditransfer.


Komunikasi FTP merupakan pilihan ypaling tepat untuk berkirim beragam file/material, dan mensupport hampir semua tipe file yang dikenbal saat ini, termasuk diantaranya :

  • File-file teks
  • File-file grafik/image
  • File-file sound dan video
  • Paket-paket software 
  • dll.
Saat sebuah server menerima request-request FTP, ia membuka sebuah port (normalnya port 21) untuk koneksi yang masuk dan mengautentikasi klien-klien berdasarkan account atau perizinan "anonymous". Seorang user dapat login menggunakan account sah dalam mesin bersangkutan, memberikan password miliknya. Jika login di nyatakan vvalid, ia kemudian diberi hak mengakses beragam file sebagaimana normalnya bekerja di bawah shell Unix.

FTP pertama kali dikembangkan di University of California, Berkeley sebagai pengenalan untuk sistem 4.2BSD (Berkley Unix). Anda dapat mengkases pengenalan dokumentasi lengkapnya melalui RFC (Request for Comment) di:
Tidak Semua komputer di Internet menyediakan atau kapabel untuk layanan-layanan FTP. Orang harus melakukan beberapa setup untuk membuat komputernya mensupport FTP.
  • Pertama, jika komputer ingin mensupport penyimpanan atau pengambilan file oleh komputer-komputer user, maka ia harus dirancang sebagai FTP Server (server FTP). sebuah software spesial harus diinstalkan kepadanya. Software ini biasa di panggil FTP daemon atau ftpd.
    Software FTP daemon berperan memanage koneksi-koneksi untuk kebutuhan transfer file (penyimpanan maupun pengambilan). Dewasa ini terdapat lusinan FTP Daemon yang dapat kita pilh, diantaranya yang paling populer adalah : Wu-ftpd dan Pro_FTPD.
  • Kedua, pada sisi koien (pengguna FTP), komputer-komputer harus diinstalasi dengan apa yang disebut software FTP client. Software Ini berperan sebagai perantara untuk melakukan login/akses ke sebuah server FTP. Spesifikasi mesin untuk kebutuhan klien tidak begitu spesial , kita dapat menggunakan Unix, Win 9X, bahkan DOS.

Pengertian FTP Server

Tidak ada komentar:

Posting Komentar